Senin, 20 Mei 2013

STRUKTUR PASAR



  1. Pengertian pasar :
Dalam arti sempit        : pasar tempat dimana pada umumnya barang dan jasa diperjualbelikan
Dalam arti luas            : proses dimana pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk menentukan atau menetapkan haarga keseimbangan/harga pasar.
  1. Syarat pasar :
a)      Terdapat penjual dan pembeli
b)       Tersedia barang dan jasa yang akan diperjual belikan
c)      Terajadinya transaksi antara pembeli dan penjual melalui proses tawar menawar
d)     Tersedianya media untuk interaksi antara penjual dan pembeli
  1.  Fungsi pasar :
a)      Fungsi distribusi
b)       Fungsi pembentukan harga
c)      Fungsi promosi
  1. Unsur-unsur pasar :
a)      Konsumen 
b)       Produsen
c)       Pembangunan
d)      Sumber daya manusia
  1. Bentuk-bentuk pasar :
Bentuk pasar atau struktur pasar adalah berbagai hal yang mempengaruhi tingkah laku dan kinerja perusahaan dalam pasar.

      A.      PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen dangat banyak. Merupakan struktur pasar yang paling ideal.
Cirri-ciri :
                        1.      Terdapat banyak penjual dan pembeli
                        2.       Barang yang diperjualbelikan homogeny
                        3.        Setiap perusahaan bebas keluar masuk
                        4.      Pembeli mengethui kondisi pasar
                        5.      Factor produksi bebas keluar masuk pasar
                        6.      Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar
                        7.      Tidak ada campur tangan pemerintah
Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna :
Kebaikan
Keburukan
      1.       Tidak ada iklan
      2.       Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual 
      3.       Adanya satu harga
      4.       Kepuasan konsumen maksimal karena bebas menentukan pilihan
      5.       Keuntungna produsen maksimal
      6.       Produksi barang denga biaya minimal
      1.       Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih karena semua brang sama dan sejenis
      2.       Harga tidak bias ditawar lagi
      3.       Perusahaan tidak punya anggran untuk mengadakan penelitian.

       B.      PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA
Adalah pasar dimana jumlah pembeli dan penjual tidak sebanding.
Ada kemungkinan dikuasai olehh satu penjual atau beberapa penjual sedangkan pembeli satu atau beberapa pembeli.

      1)      Pasar monopoli : hanya ada satu penjual yang menguasai perdagangan sehingga penjual dapat menentukan harga dan mencari keuntungan sebanyak mungkin.
Cirri utama pasar monopoli :
                              a)      tertutupnya pintu masuk ke pasar
                              b)       Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli
                              c)      Tidak ada perusahaan lain yang bias membuat barang substitusi yang ssempurna
                              d)     Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar
                              e)      Pembeli tidak punya barang untuk memilih barang
                              f)       Keuntungan hanya untuk satu penjual
                              g)      Harga ditentukan pleh perusahaan

Kebaikan dan keburukan pasar monopoli :
Kebaikan
Keburukan
       1.       Menghindari produk tiruan dan persaingan yang tidak sehat
       2.       Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan
       3.       Mendorong penggunaan mesin dg tingkat teknologi tinggi
       4.       Mendorong peningkatan kinerja departemen penelitian dan pengembangan
     1.       Penyalahgunaan kekuaan ekonomi
     2.       Adanya pelecehan terhadap posisi pembeli
     3.       Adanya kesenjangan dalam pembagian pendapatan
     4.       Tidak ada persaingan
     5.       Mengurangi kesejahteraan konsumen

Oleh karena pasar monopoli hanya ada satu penjual, maka pemerintah perlu campur tangan dalam mengendalikan dampak negatifnya, antara lain :
               a.       Mencegah monopoli itu sendiri
               b.      Membrikan ijin kepada perusahaan baru
               c.       Menambah penawaran barang dalam negeri dengan impor
               d.      Pemerintah menetapkan harga eceran tertinggi (HET)

       2)      Pasar oligopoly : hanya terdapat beberapa produsen atau sedikit perusahaan saja yang menjual produk yang identik atau mirip satu sama lain dengan banyak pembeli.
Cirri-ciri :
               a)      Menghasilkan barang standar maupun barang berbeda corak
               b)      Terdapat beberapa produsen yang menguasai pasar
               c)      Terdapat halangan kuat untuk masuk pasar
               d)     Kekuasaaan menentukan harga adakalanya kuat dan ada kalanya lemah
               e)      Satu diantara oligopolis adalah market leader yaitu penjual yang memiliki pangsa pasar yang   terbesar

Kebaikan dan keburukan pasar oligopoly :
Kebaikan
Keburukan
      1.       Terdapat sedikit penjual karena dibutuhkan      investasi besar untuk masuk pasar
      2.       Jumlah penjual sedikit membuat penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
      3.       Bila terjadi perang harga, konsumen aklan diuntungkan
      1.       Terdapat rintangan yg kuat untuk masuk pasar
      2.       Akan terjadi perang harga
      3.       Produsen jika melakukan kerjasama akan merugikan konsumen


       3)      Pasar monopolistik : bentuk pasar dimana terdapat banyak produsen yang menjual produk yang kurang lebih sama tetapi dengan berbagai macam variasi
Ciri-ciri :
                       a)      Terdapat banyak penjual
                       b)      Terdapat diferensiasi produk
                       c)      Penjual dapat mengendalikan harga dalam tingkat tertentu
                       d)     Terdapat persaingan yang ketat dalam kuantitas dan iklan

Kebaikan dan keburukan :
Kebaikan
Keburukan
       1.       Tdp banyak penjual sehingga konsumen memiliki pilihan
       2.       Bebas keluar masuk pasar akan mendoirong produsen berkompetsi sehat
       3.       Diferensiasi produk mendorong konsumen untuk selektif dalam menentukan produk yg diinginkan
       4.       Pasar yg mudah dijumpai
      1.       Memiliki tingkat persaingan yg tinggi
      2.       Untuk masukpasar tetap butuh modal yang besar
      3.       Mendorong produsen mengdakan inovasi produksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar